Profil

Sejarah PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali)

PT Lintas Marga Sedaya adalah perusahaan yang memegang konsesi Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Provinsi Jawa Barat. Resmi beroperasi pada 13 Juni 2015, keberadaan Jalan Tol Cipali terbukti memangkas rute Cikampek-Palimanan hingga 40 KM dibanding melewati jalur Pantura.

Sebagai bagian dari Grup ASTRA, pada 28 November 2019 PT Lintas Marga Sedaya secara resmi memiliki branding name ASTRA Tol Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali). Dengan konsesi selama 40 tahun dengan panjang 116,75 KM, Jalan Tol Cipali terbentang dari Cikopo KM 72 sampai dengan Palimanan KM 188 dengan melewati 5 Kabupaten, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan berakhir di Kabupaten Cirebon.

PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) merupakan perusahaan Joint Venture antara PT ASTRA Tol Nusantara, anak perusahaan PT ASTRA Internasional, Tbk (55%) dan Canada Pension Plan Investment Board (45%).

Jalan Tol Cipali memiliki 6 Gerbang Tol, yaitu Gerbang Tol Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumberjaya dan Palimanan dengan total jumlah gardu 44 unit. Jalan Tol Cipali memiliki 6 Interchange dan 99 unit jembatan. Pada layanan lalu lintas, ASTRA Tol Cipali memiliki 12 unit Patroli, 12 unit Derek, dan 12 unit kendaraan Rescue. Pada layanan informasi ASTRA Tol Cipali memiliki 9 unit Variable Message Sign (VMS), 47 kamera pantau CCTV. Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/ Rest Area) berjumlah 8 rest area yang tersebar 4 berada di arah Jakarta dan 4 di arah Palimanan dengan jenis rest area terdiri dari Tipe A dan Tipe B. Tipe A berada di KM 102 A, KM 101 B, KM 166 A dan KM 164 B, Tipe B beradi di KM 86 A, KM 86 B, KM 130A dan KM 130B.

Jalan Tol Cipali merupakan bagian dari sistem Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan mulai dari Jalan Tol Merak hingga ke Surabaya. Dengan keberadaan Tol Cipali diantara Jakarta - Cikampek dan jalan tol Palimanan – Kanci, Tol Cipali merupakan saluran distribusi utama barang dan transportasi umum di Jawa dan diharapkan keberadaan Tol Cipali akan berdampak positif pada pertumbuhan kawasan industri, perumahan, perkantoran, pariwisata dan agrobisnis. Dengan peresmian beberapa jalur baru di sepanjang Trans Jawa menuju ke Surabaya diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi Tol Cipali.

Arti Logo LMS:

LMS

Menunjukan kesatuan dengan induk perusahaan, dan diversifikasi portofolio bisnis ASTRA Infra di bisnis Jalan Tol.

Logogram tetap membawa brand soul “Advancing The Nation’s Infrastructure” yang merupakan brand master ASTRA Infra.

Warna gradasi oranye dengan safety melambangkan semangat untuk mencapai visi ASTRA Infra Toll Road, serta menggambarkan kehangatan dalam melayani untuk mencapai kepuasan Pelanggan.

Cikopo-Palimanan merupakan nama ruas yang dimiliki oleh Grup ASTRA Infra.